Memilih Tempat Belajar TI yang Baik

Semakin berkembangnya perangkat teknologi informasi berupa software dan hardware di saat ini tentu saja ditunjang oleh menjamurnya lembaga-lembaga IT yang menawarkan ke segenap halayak program-program yang mereka selenggarakan. Ada banyak jenis lembaga-lembaga ini, mulai dari yang tingkat kecil, menengah, dan besar. Ada yang berdiri sendiri, ada juga yang didukung oleh instansi yang lebih besar. Tentu saja sebagai tempat Anda berinvestasi, sangat penting bagi Anda atau perusahaan Anda memilihkan tempat yang tepat untuk meng-upgrade dan meng-update pengetahuan tentang pemahaman konsep, penggunaan tool, implementasi teknologi informasi bagi diri anda atau instansi anda. Untuk memilih lembaga TI yang berikut adalah beberapa tip dan trik yang diambil dari majalah pcPlus yang dituliskan kembali untuk kita semua.

Bagi sebagian calon mahasiswa baru memilih tempat kuliah yang baik terkadang cukup sulit juga, terutama yang melan¬jutkan ke Perguruan/Sekolah Swasta. Hal ini disebabkan adanya bengitu banyak pilihan dan informasi yang tersedia. Nah langkah berikut ini mungkin bisa membantu Anda:

1. KENALI DIRI ANDA
a. Tetapkan Tujuan/ Cita cita
Kedengarannya memang klise, namun sering kurang diperhatikan oleh calon mahasiswa. Padahal ini sangat penting, karena saya yakin tidak seorang pun ingin menjadi orang yang “kesasar” atau “terlanjur memilih jurusan tertentu”. Apa akibatnya jika kesasar memilih jurusan? Tentu saja hasil yang akan peroleh tidak bisa maksimal. Contoh dari kasus ini misalnya: seorang yang pengin jadi seorang web- stylish/desainer, tetapi terlanjur masuk jurusan teknisi. Nah oleh sebab itu “Ingin jadi apa Anda?” harus ditetapkan dahulu. Caranya? Kenali kecenderungan Anda, cari informasi tentang profesi-profesi yang ada hubungannya dengan dunia TI, mana yang paling cocok dengan bakat dan kemampuan Anda. Tidak hanya profesinya tetapi keahlian apa yang harus di kuasai (Anda bisa melihat lowongan-lowongan pekerjaan untuk bidang-bidang tertentu di surat-surat kabar atau di situs-situs yang terkait, misalnya http://www.karir.com, http://www.jobstreet.com, dan lain-lain.Misalnya: Kemampuan apa saja yang dibutuhkan seorang web stylish/desainer).

b. Ketahui Kemampuan Finansial
Sekarang ada begitu banyak lembaga penddikan, PT, AK dan ST yang menawarkan berbagai program yang dengan biaya pendidikan (SPP) yang cukup beragam, ada yang tergolong acceptable (wajar) sampai yang super economy atau bahkan supermahal. Tentu saja ada konsekuensi dari beragamnya SPP tadi, mungkin dalam fasilitas yang diberikan dan lain sebagai¬nya. Tetapi satu hal yang perlu “Harus dipertimbangkan masak-masak”.
Anda tahu bahwa yang mahal belum tentu baik, begitu pula sebaliknya dengan yang murah. Nah yang paling baik adalah yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Bicarakan dengan orang yang menjadi promotor biaya pendidikan Anda. Selain biaya kuliah, yang harus Anda pertimbangkan adalah biaya kos (jika Anda berasal dari luar kota) atau biaya transportasi. (Ingat BBM baru saja naik).

2. MENCARI TEM PAT YANG TEPAT
a. Kumpulkan Brosur, Pamflet
Sebelum menentukan di mana Anda akan mendaftar ada baiknya Anda mengumpulkan seluruh brosur dan informasi yang Anda dapatkan. Cara paling mudah mengumpulkan brosur adalah ketika selesai (mengikuti) ujian UM PTN, pada saat itu Anda akan memperoleh puluhan bahkan ratusan brosur. Selain itu, Anda bisa mendapatkan informa¬si PTS/AK/ST yang Anda inginkan dari koran, waktu terbaik adalah saat pelaksanaan ujian UMPTN dan pengumuman hasil UM PTN (hampir seluruh lembaga swasta mengiklankan diri pada saat itu).
b. Mensortir informasi yang Anda butuhkan
Setelah Anda memperoleh brosur dan informasi, maka Anda perlu memilah lagi informasi yang sesuai dengan hasil analisa Anda pada poin pertama (mengenali diri). Buat daftar prioritas tempat mana saja yang akan Anda kunjungi.
c. Survei tempat
Saatnya Anda melakukan survei tempat yang telah Anda buat. Sangat disarankan Anda didampingi orang yang mengerti tentang jurusan yang akan Anda pilih. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika melakukan kegiatan ini seperti:
-Menanyakan kurikulum jurusan yang akan Anda pilih.
Sekolah yang baik akan menjelaskan kurikulum yang akan diajarkan kepada calon mahasiswanya. Tanyakan pro¬gram pengajarannya, misalnya: berapa kali seorang mahasiswa akan mendapatkan teori, dan berapa kali akan mendapatkan praktik. Hitung secara persentase perbandingannya. Perbandingan yang cukup memadai adalah 80% praktik dan 20% teori. Ingat Anda memilih profesi yang membutuhkan keterampilan praktik yang tinggi. Jika persentase praktik kurang dari itu maka Anda perlu mempertimbangkan lagi untuk memilih tempat tersebut.

-Tanyakan juga reputasi lulusan lembaga tersebut dan cocokkan informasinya dengan kenyataan di luar. Anda mungkin pernah membaca bahwa ada iklan lowongan tertentu meng¬inginkan calon karyawannya ber¬asal dari lembaga tertentu. Anda pun bisa melihat hal ini di papan papan pengumuman di kampus tersebut, apakah ada permintaan tenaga kerja bagi (calon) alumni. (Saya pernah melihat hal begitu banyak pengumuman serupa di sebuah perguruan tinggi). Selain itu Anda juga bisa menggali informasi ini dari luar (surat kabar, dan media massa lainnya).

-Lihat fasilitas dari yang disediakan apakah cukup memadai, baik dengan rasio jumlah mahasiswa yang ada ataupun secara teknologi. Tanyakan hal-hal yang berhubungan dengan masalah keuangan. Bagaimana sistem pembayarannya, apakah bulanan atau dihitung per-SKS atau bahkan dua-duanya. Apakah ada uang gedungnya, apakah ada biaya tambahan lainnya pada tiap semester. Ingat jangan sampai Anda terkena biaya “yang tidak tercantum di brosur”.

Bagi Anda yang biasa mempunyai prestasi baik apakah ada beasiswa dan fasilitas lainnya. Selain hal-hal yang terkait secara langsung dengan tempat kuliah, survei juga hal-hal yang lain, misalnya biaya kos di sekitar tempat kuliah, bagaimana sistem pembayarannya (bulanan, per-tiga bulan, atau yang lain). Juga tanyalah biaya hidup yang lain. Kemudahan transportasi dan sebagainya.

Sumber : PcPlus No 38/II/11Juli – 17 Juli 2001

One thought on “Memilih Tempat Belajar TI yang Baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s