The Partner Airlift Training Program 2nd Day at Iverson

Pada hari kedua training, dibahas tentang Identity Lifecycle Management (ILM). Pengelolaan pengguna Microsoft Live@Edu di masing-masing kampus bakal lebih mudah bila ditunjang dengan tool pengelolaan user yang tangguh. Seperti bayanganku sebelumnya, bila user terus bertambah, administrator Microsoft Live@Edu di masing-masing kampus perlu untuk mengatur user sedemikian rupa sehingga proses upload data, atau autentikasi bisa dilakukan secara otomatis. Sistem yang bisa menunjang administrator ini adalah ILM Identity Manager yang bisa diinstallkan dan menjadi service di Windows Server. ILM ini bisa dihubungkan dengan LDAP existing sehingga SingleSignOn (SSO) bisa diwujudkan.

Latihan yang dilakukan untuk praktik pada pelatihan siang ini, dimulai dengan menjalankan Windows 2003 pada Microsoft Virtual PC. Ada keunikan dari Microsoft Virtual PC ini, yaitu Image Windows 2003 sudah terinstalkan dengan fitur-fitur yang dirancang sesuai dengan pelatihannya, yaitu ketersediaan sotware-software seperti ILM, Microsoft Studio 2007, tanpa perlu menginstallkannya kembali di awal. Sehingga semua user pada saat yang bersamaan menghadapi sistem yang seragam. Tentu saja hal ini sangat membantu kita sebagai user.

Proses pembelajaran yang dilakukan adalah dengan menambahkan user Microsoft Live@Edu dari sistem komputer kita, kemudian koneksi internet, dilakukan proses updating data user dengan jalan sinkronisasi dari aplikasi ILM yang diajarkan. Tentu saja instruktur harus sudah memiliki account di domains.live.com. Pemilikan account di domains.live.com juga caranya mudah. Kita bisa memakai domain ZZ.spaces.live.com sebagai domain untuk latihan, maka email yang kita punya alamatnya adalah user@ZZ.spaces.live.com.

Sebagai catatan tambahan, prerequisite untuk pelatihan ini memang agak lebih dalam. Peserta diharapkan sudah memiliki pengetahuan Windows Server, terutama terkait dengan Directory Services: Active Directory, LDAP, Singlesignon, SunONE, eDirectory. Setelah itu baru akan bisa memahami Identity Management dan user Provisioning dengan ILM. Tapi jangan khawatir, selain dengan ILM updating user juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan eduExpress supaya bisa mengupload file csv untuk mengupdate user. Walaupun pembahasan tentang ini di pelatihan siang ini belum terlampau mendalam.

Microsoft Live@Edu sendiri selain memiliki fitur email seperti Inbox, contacts, Messenger, Calendar, juga memiliki beberapa aplikasi berbasis web yang bisa kita gunakan seperti Friends, Events, Spaces, Alerts, Mobile.

Selain dasar-dasar penggunaan tool ILM yang diperoleh di pelatihan ini, saya juga mendapatkan kawan-kawan baru dari Unpad (kang edi, kang dhani, teh Irma), dari Likmi (pa Budi), dari Diknas (Pa Rozi-Divisi Profesi, Pa Taufik-Pembinaan SMK), dari UPI (kang …), dari Iverson (pa Michael, pa Ramadhan).

iverson02

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s