The Partner Airlift Training Program 1st Day at Iverson

Tidak seperti biasanya, Jakarta siang ini cukup cerah dan bersahabat. Berbeda dengan dua hari sebelumnya saat Jakarta diselimuti awan tebal dan hujan cukup deras yang mengakibatkan banjir di beberapa titik serta membuat bandara tertutup untuk penerbangan domestik dan internasional.

Berangkat dari Bandung pukul 09.00 pagi. Kalau dari rumah, berangkatnya pukul 06.00 pagi. Ternyata karena ada kesalahan menuliskan nomor telepon travel, akhirnya saya berangkat pukul 09.00. Itupun setelah berpindah dengan menggunakan taxi dari Cititrans Dipati Ukur ke Cipaganti Travel Parijs van Java Cihampelas padahal ada angkutan kota jurusan Cicaheum Ciroyom yang lewat jalur Dipati Ukur ke Cihampelas. Setelah semuanya berlalu, akhirnya kita berangkat. Dan sampai di Chase Plaza Jakarta sekitar pukul 11.55. Tepat waktunya untuk menikmati makan siang.

Materi dah di mulai pukul 10.15 pagi tadi. Instrukturnya adalah Pa Adam J Bradley dari Microsoft yang memulai bahasannya tentang pengantar Microsoft Live@Edu. Kurang lebih materinya adalah membahas sekitar tata cara untuk signup Microsoft Live @Edu, sebuah fitur yang disediakan oleh Microsoft secara gratis untuk instansi pendidikan yang ada di seluruh dunia.

Kalau dari sisi pembahasan, aku lebih senang mendengarkan cerita yang disampaikan pa Martaadi dari Microsoft Indonesia, waktu beliau berkunjung ke ITB beberapa bulan lalu. Tapi bila melihat kelengkapan materi, Pa Adam J Bradley benar-benar mengupas sisi teknis penyiapan dan deployment Microsoft Live @ Edu di SME (small to business Enterprise). Program sosialisasinya sendiri disebut dengan Microsoft Partner Airlift Training Program. Merupakan serangkaian program yang diselenggarakan berupa roadshow di beberapa kota di seluruh dunia. Kalau melihat dari catatannya, sebelum ke Indonesia, dia mampir di Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Singapore.

Uffs hampir lupa, Program Partner Airlift  Training Microsoft Live @ Edu ini diselenggarakan oleh Microsoft Indonesia dengan bekerjasama dengan Iverton mulai tanggal 4 s.d 7 Februari 2008. Tempat trainingnya  diselenggarakan di Iverton, Chase Building lt 9. Sedangkan kita menginap di seberangnya Chase Building, di Intercontinental Mid Plaza Jakarta.

Melihat fitur-fitur yang diungkapkannya, Microsoft Live@Edu memang ditujukan untuk menunjang peningkatan kapasitas institusi dalam penyediaan fasilitas mail bagi civitasnya. Kalau dari sisi aplikasinya, fitur Microsoft Live @ Edu tidak jauh berbeda dari fitur-fitur Google Apps. Tapi dari sisi servis atau layanan, Microsoft sudah jauh lebih duluan (atau memang sudah mengambil ancang-ancang).

Yup.. memang selalu ada perbedaan dari aplikasi yang berkembang berbasis komunitas dengan aplikasi yang berkembang dari dengan dukungan vendor. Microsoft dalam hal ini memang memiliki keunggulan dari strategi bisnis yang diusungnya. Dan strategi ini perlu ditiru supaya komunitas bisa dibangun dengan lebih terstruktur dan sistematis.

Afterall, penawaran servis Microsoft Live@Edu memang sangat membantu instansi pendidikan perlu untuk diimplementasikan. Mudah-mudahan dengan fitur ini, instansi pendidikan kita tetap bisa membangun silaturahmi dengan segenap stakeholdernya, mulai dari alumni, staf, dan mahasiswa. Seharusnya dengan Microsoft Live@Edu ini, instansi tinggal konsentrasi pada fokus program dan layanannya, tidak perlu terlampau menghabiskan resource di infrastrukturnya.

iverson01

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s