Cipanas Kerenn.. , a Little Journey to Garut !

Hari Senin 28 Januari kemarin aku menghadiri raker kantor di kawasan Cipanas Garut. Kalau dari bandung sebenarnya tidak terlalu jauh, sekitar 150 menit naik mobil. Sengaja memilih tempat agak di luar kota, supaya semua orang bisa fokus. Komunikasi bisa terjalin sehingga program-program kita bisa terdefinisikan. 

Pukul 11:45 sampailah kita di Cipanas Garut. Kampung Sumber Alam adalah tempat yang dituju. Bertempat di sebuah bungalow kecil, yang dikelilingi oleh aliran air jernih dengan ikan yang berenang hilir mudik.

Kampung Sumber Alam menjadi tempat kita menginap. Untuk kawasan wisata di luar kota Bandung, fasilitas penginapan seperti Kampung Sumber Alam cukup lengkap. Namun fasilitas tersebut bukanlah menjadi tujuan.

Saya dan kawan-kawan berempat berangkat ke Garut untuk menjalankan tugas menyiapkan kembali Rencana Kegiatan yang akan kami jalankan di tahun 2008. Ada alasan-alasan yang menjadi latar belakang kenapa kita harus pergi ke luar kota, hanya untuk menyiapkan Rencana Kegiatan. Salah satunya adalah perlunya tim kita untuk solid.

Solid memang istilah yang sukar untuk diterjemahkan terutama untuk menjelaskan bagaimana makna kekompakan. Padahal seperti yang kita tahu, organisasi yang dijalankan oleh tim yang tidak solid berakibat kepada sulitnya organisasi tersebut berkembang. Bagaimana bisa berkembang bila saat menjalankan roda organisasi tersebut, masing-masing anggota tim dibayang-bayangi oleh prasangka yang disebabkan oleh komunikasi yang buruk.

Dengan alasan tersebut, maka berjalanlah kita berempat ke Cipanas Garut. Dengan tujuan untuk menyegarkan kembali ingatan-ingatan kita waktu awal tahun 2007 merencanakan kegiatan-kegiatan yang akan kita jalankan kemudian mengevaluasi hasil-hasil yang diperoleh pada tahun tersebut. Sekaligus mempertegas kembali mimpi-mimpi dan harapan masing-masing anggota tim di tahun 2008 dan juga memperkuat bonding antar kita supaya solidity bisa terbangun.

ComLabs, payung kita saat ini bernaung, sudah tumbuh sesuai dengan ekspektasi. Seperti organisasi-organisasi lain, untuk menjaga pertumbuhannya, kita perlu untuk memberikan arahan. Arahan-arahan tersebut perlu untuk selalu didefinisikan. Sehingga target-target dan tujuannya bisa tercapai.

Kenapa Garut yang dipilih? Alasannya sih simple. Kita butuh suasana baru. Suasana yang menunjang kita untuk bisa ’open’, berkomunikasi terbuka dan dilandasi saling percaya antar masing-masing diri kita. Selain dari karena Garut tidak terlalu jauh dari Bandung. Serta kita yakin dengan suasana alamnya yang nyaman, fasilitas air panasnya yang menyegarkan.

Kalau ditanya lagi, berapa kali aku ke Garut? Mungkin ini adalah kali ke-3 atau ke-4 aku berkunjung ke kota Dodol ini. Kalau boleh mengatakan, Cipanas Garut untuk saat ini lebih baik dibandingkan dengan Ciater Subang, atau Cimanggu Ciwidey. Kawasan wisata Ciater, bagiku sudah terlalu padat dan juga tidak terawat. Bila menginginkan suasana yang relak, jangan pilih Ciater. Sebaliknya dengan Ciater, kawasan wisata air panas Cimanggu Ciwidey lebih kurang terawat. Nah Cipanas Garut, sampai dengan saat ini tidak pernah mengecewakanku.

Ada niat dalam pikiranku, bila umurku panjang, ingin rasanya mencoba menginap di penginapan-penginapan yang ada di sekitar sini. Terus terang, penginapan-penginapan yang ada di sekitar kawasan Cipanas memiliki keunikan tersendiri. Tentu saja masing-masing memiliki strategi dan segmen market yang berbeda-beda. Tetapi.. itu malah menambah varian yang membuatku tertantang untuk kembali ke kota ini.

foto1

3 thoughts on “Cipanas Kerenn.. , a Little Journey to Garut !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s